Sabtu, 22 Oktober 2011

Jeju Island, The Hawaii of Korea

Korea Selatan, seperti yang kita tahu sangat maju dengan dunia fashionnya. Belum lagi selebritas mereka kini banyak yang telah mendunia. Tapi ada satu yang paling penting yaitu pariwisatanya. Untuk yang satu ini belum lengkap rasanya tanpa singgah di Cheju Island (Pulau Jeju). Pulau terbesar di Korsel tersebut adalah pulau yang begitu indah, layaknya Pulau Bali di Indonesia.

Tak heran, pemerintah Korsel memoles sedemikian rupa pulau yang terletak di antara Semenanjung Korea dan Jepang ini. Berbagai event budaya dilakukan tiap tahunnya untuk menggaet wisatawan lokal dan mancanegara. Dengan Ibukotanya Jeju City, pulau ini menjadi spot populer tempat  para wisatawan yang kebanyakan berasal dari Korea dan Jepang.  Pulau ini juga tersohor menjadi honeymoon destinations layaknya pulai Hawaii.



Foto : Mr. Adrianto Mulia


Turun dari Jeju International Airport, Anda akan disuguhi dengan pemandangan menawan. Bebukitan yang tampak hijau langsung menyapa mata. Tak lupa di sepanjang jalan dipenuhi oleh warna-warni bunga yang tumbuh di pinggir jalanan yang berkelok-kelok. Belum lagi pada musim gugur dedaunan akan mengalami perubahan warna, mulai dari coklat, kuning hingga kemerah-merahan dan oranye terang..Rumah-rumah khas Korea juga menambah indahnya pulau yang juga memiliki banyak pantai yang indah ini.

Keindahan dan kesejukan pulau yang tertata rapi ini bahkan membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membandingkan pulau kebanggaan warga Korsel ini dengan Pulau Bali, pada waktu kunjungannya di bulan April tahun 2009 yang lalu. Presiden pun meminta agar Indonesia meniru hal-hal positif dari Jeju Island yang jauh terlihat lebih tertata dan lebih bersih.

Fasilitas yang disediakan di pulau ini juga bertaraf internasional. Hotel berbintang seperti Hyatt Regency Cheju atau Hotel Honey Crown banyak terlihat, tempat-tempat konferensi berskala internasional juga banyak tersedia. Tak heran, jika pulau ini sering dijadikan sebagai tempat pertemuan bilateral atau pun multilateral oleh Korsel dan negara-negara sahabatnya.



Foto : Mr. Adrianto Mulia


Kecantikan air terjunnya sangatlah menawan...Banyak film Korea juga diproduksi di pulau ini. Di sebuah tebing tinggi yang di bawahnya terdapat laut luas, tertulis sebuah monumen bahwa tempat itu pernah menjadi tempat syuting sebuah film yang hits di Korea pada 2002. Tempat itu diklaim sebagai tempat melihat matahari terbenam terindah di Korsel.

Meski saat dikunjungi Pulau Jeju tersebut bersuhu udara 24 derajat, namun sama sekali tak terasa panas. Sebab hembusan angin kencang seolah melepas rasa panas pulau yang dinobatkan UNESCO sebagai World Herritage Site ini.

Selain itu ada gunung tertinggi mencapai 1.950 meter di Korea Selatan, yaitu Hallasan yang berarti gunung. Letaknya di tengah Pulau Cheju, gunung berbentuk kerucut dengan puncak terpangkas bak kawah ini menawarkan wisata pendakian. Bila musim salju gunung ini tertutup oleh balutan putih salju, sehingga tampak lebih indah. Di sekitar gunung Hallasan dapat ditemukan kuda-kuda unik dan kecil (namun tampilannya seperti kuda-kuda di Barat) yang dapat ditunggangi.

Potensi wisata yang diserbu para investor lainnya adalah kawasan pantai indah Jungmun atau Seogwipo. Adapula pantai Manjanggul Cave yang terkenal dengan tebing dan bongkahan batu uniknya. Selain itu di kota kedua utama, Seogwipo terdapat World Cup Stadium dan Jungmun Tourist Resort Complex.

Karena bertaraf internasional harga barang yang tersedia di sini dua kali lipat lebih mahal jika dibandingkan dengan harga-harga barang di ibukota Korsel, Seoul.  Konsep ini diterapkan guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal.



Foto : Mr. Adrianto Mulia
 
Sumber: http://vibizmanagement.com/journal/index/category/inspiration/15/20

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak kalian
Semoga setiap tulisan saya mampu membawa pengaruh positif bagi pembaca. Terima Kasih ^___^