Senin, 03 Maret 2014

TUGAS 3 SISTEM BASIS DATA


Teknologi  Web  Dinamis Menggunakan Php dan Mysql

A. Web Dinamis

Web dinamis tidak hanya dibentuk dengan menggunakan  html  saja tetapi menggunakan perangkat lunak tambahan (middleware). Perubahan informasi dalam halaman-halaman web dapat ditangani melalui perubahan data, bukan melalui perubahan program. Ini gambaran umumnya:



B. Web Server

Web Server merupakan sebuah perangkat lunak dalam server yang berfungsi menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali (response) hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.


Beberapa Web Sever yang banyak digunakan di internet antara lain :
1. Apache Web Server (http://www.apache.org)
2. Internet Information Service, IIS (http://www.microsoft.com/iis)

Web Documents
3. Xitami Web Server (http://www.xitami.com)
4. Sun Java System Web Server

C. Server Side Scripting

Server Side Scripting merupakan sebuah teknologi scripting atau pemrograman web dimana script (program) dikompilasi atau diterjemahkan di server. Dengan server side scripting, memungkinkan untuk menghasilkan halaman web yang dinamis.
Beberapa contoh Server Side Scripting (Programming) :
5. ASP (Active Server Page) dan ASP.NET
6. ColdFusion (http://www.macromedia.com/software/coldfusion)
7. Java Server Pages (http://java.sun.com/products/jsp/)
8. Perl (http://www.perl.org)
9. Phyton (http://www.python.org)
10. PHP 


D. Bahasa Pemrograman PHP

PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah web dan bisa digunakan pada html. PHP singkatan dari PHP Hypertext Prepprocessor yang digunakan sebagai bahasa script server-side dalam pengembangan web yang disisipkan pada dokumen HTML. Penggunaan PHP memungkinkan web dapat dibuat dinamis sehingga maintenance sistem web tersebut menjadi lebih mudah dan efisien. PHP merupakan software open-source yang disebarklan dan dilisensikan secara gratis serta dapat di-download secara bebas dari situs resminya secara bebas resminya http://www.php.net.PHP ditulis menggunakan bahasa C.
Keistimewaan PHP
1.    Cepat
2.    Free
3.    Mudah dipelajari
4.    Multi-platform
5.    Dukungan technical-support
6.    Banyaknya komunitas PHP
7.    Aman

E.  MySQL

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
Tidak seperti Apache yang merupakan software yang dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia yaitu MySQL  AB. MySQL AB memegang penuh hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael "Monty" Widenius.

Beberapa kelebihan MySQL antara lain :
1.   Free (bebas didownload)
2.   Stabil dan tangguh
3.   Fleksibel dengan berbagai pemrograman
4.   Security yang baik
5.   Dukungan dari banyak komunitas
6.   Kemudahan management database.
7.   Mendukung transaksi
8.   Perkembangan software yang cukup cepat.





0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak kalian
Semoga setiap tulisan saya mampu membawa pengaruh positif bagi pembaca. Terima Kasih ^___^